B. Rancangan Pembelajaran yang Dipilih
(Pembelajaran Berdiferensiasi)
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
SMP ....
Sekolah : SMP
... Fase / Kelas : D / 9 |
Kelas/Semester : 9 / 1 Alokasi Waktu : 2x40
menit (1 pertemuan) |
Materi
: Teks Naratif Nama Penyusun : ..... |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Capaian
Pembelajaran Pada
akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam
bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam
konteks yang lebih
beragam dan dalam situasi formal dan informal.
Peserta didik dapat
menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur,
teks khusus (pesan singkat, iklan) dan
teks otentik menjadi
rujukan utama dalam mempelajari bahasa
Inggris di fase ini.
Peserta didik menggunakan bahasa
Inggris untuk berdiskusi
dan menyampaikan
keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin
berkembang dan keterampilan
inferensi mulai tampak
ketika memahami informasi
tersirat. Mereka memproduksi
teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan
dan pemirsa ketika
memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris. Elemen Menyimak –
Berbicara -
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa
Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat,
pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam
berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan
dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang
relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah
familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat
dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan
menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka
menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana. Elemen Membaca -
Memirsa -
Pada akhir fase D, peserta didik membaca dan merespon
teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah
dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. Mereka mencari dan
mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. Teks
ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual,
multimodal atau interaktif. Mereka mengidentifikasi tujuan teks dan mulai
melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks. Elemen Menulis –
Mempresentasikan -
Pada
akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka
melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam
penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan
contoh, mereka membuat
perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi
dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan
menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Mereka juga menyertakan
informasi dasar dan detail, dan memvariasikan konstruksi kalimat mereka dalam
tulisan mereka. Peserta didik mengungkapkan ide-ide dalam bentuk sekarang,
masa depan, dan masa lalu. Mereka menggunakan penanda waktu, kata keterangan
frekuensi dan konjungsi umum untuk menghubungkan ide. Upaya mereka untuk
mengeja kata-kata baru didasarkan pada hubungan bunyi-huruf Bahasa Inggris
yang diketahui dan mereka menggunakan tanda baca dan kapitalisasi dengan
konsisten. |
Profil Pelajar Pancasila |
1. Kreatif 2.
Bernalar Kritis |
Model dan Metode Pembelajaran |
Student Center, Diskusi |
Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi
unsur-unsur teks naratif (orientasi, komplikasi, resolisi, koda) dalam
berbagai teks naratif 2.
Peserta
didik dapat menceritakan kembali teks naratif dengan Bahasa yang baik dan
benar 3. Siswa dapat membuat teks naratif pendek
atau Panjang dengan berbagai gaya penulisan |
Pemahaman Bermakna |
1. Apa itu tek naratif? 2.
Apa
saja untuk unsur yang terdapat dalam teks naratif 3. Apa saja jenis dan contoh teks naratif |
Pembelajaran Sosial Emosional (KSE yang
diambil adalah): |
1. Keterampilan Sosial 2. Pemecahan Masalah |
Kegiatan
Pembelajaran:
|
Deskripsi |
Keterangan |
Waktu |
Pendahuluan |
1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan kondisi peserta didik. 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik 3.
Guru mengajak
peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran 4.
Peserta Didik
melakukan Ice Breaking (Bermain tebak tebakan teks naratif) 5.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan pada
pertemuan ini |
|
10 Menit |
Inti |
1.
Disajikan beberapa teks naratif untuk siswa 2.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan pilihan teks
naratif yang diminati 3.
Siswa diberikan beberapa pertanyaan yang mendorong mereka untuk berpikir
kritis dan menemukan sendiri unsur unsur teks naratif ü Apa yang terjadi di
awal cerita? ü Apa massalah yang
dihadapi tokoh utama? ü Bagaimana masalah
tersebut diselesaikan? ü Apa pesan yang ingin
disampaikan penulis? 4.
Setiap kelompok menganalisis teks naratif pilihan kelompok masing
masing 5.
masing masing kelompok membuat laporan hasil analisis dalam bentuk
summary, mind map, ataupun presentation slide (pilih salah satu) |
Diferensiasi Konten Diferensaisi Produk |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta
didik menuliskan refleksi dengan beberapa pertanyaan panduan: ·
Apa
hal menarik dari pembelajaran hari ni? ·
Menurutmu
apakah penting mempelajari materi ini dan jelaskan alasan nya? 2.
Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya. 3.
Peserta
didik dan guru berdoa dan mengucapkan salam |
|
10 menit |
Penilaian:
1. Sikap
No |
Nama |
Kelas |
Dimensi P3 |
|||
Bernalar Kritis |
Kreatif |
|||||
Siswa mampu menunjukan kemampuan berfikir secara jernih dan rasional |
Menghasilkan
gagasan yang original |
|||||
Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran |
Merefleksi Pemikiran dan Proses Berfikir |
Mendengarkan
pendapat teman dan menawarkan ide kolaborasi |
Mnegutarakan
ide baru |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A : Sangat Baik
B :
Baik
C :
Cukup
D :
Kurang
2. Rubrik Penilaian Analisis Teks Naratif
Kriteria Penilaian |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Perbaikan
(1) |
Pemahaman Terhadap
Teks |
Memahami teks
secara mendalam, dapat menjelaskan secara rinci plot, karakter, dan tema |
Memahami teks
dengan baik, dapat menjelaskan plot, karakter, dan tema secara umum |
Memahami Sebagian
besar teks, namun penjelasan kurang detail |
Kurang memahami
teks, penjelasan tidak relevan atau tidak lengkap |
Analisis Karakter |
MMenganalisis
karakter secara mendalam, mengidentifikasi motivasi, perubahan, dan hubungan
antar karakter |
Menganalisis
karakter dengan cukup baik, mengindentifikasi karater utama dengan baik |
Menganalisis
Karakter secara umum, namun kurang mendalam |
Tidak mampu
menganalisis karakter dengan baik |
Analisis Plot |
Menganalisis
struktur plot dengan baik, mengidentifikasi konflik, klimaks, dan resolusi |
Menganalisis
struktur plot secara umum, dapat mengidentifikasi konflik dan resolus |
Menganalisis plot
secara sederhana, kurang memperhatikan detail. |
Tidak mampu
menganalisis struktur plot. |
Analisis Tema |
Mengidentifikasi
tema utama dan tema pendukung dengan jelas, memberikan penjelasan yang
mendalam dan relevan. |
Mengidentifikasi
tema utama, namun penjelasan kurang mendalam atau kurang relevan. |
Mengidentifikasi
tema secara umum, namun penjelasan kurang jelas |
Tidak mampu
mengidentifikasi tema. |
Bahasa dan Gaya
Penulisan |
Menggunakan
bahasa yang jelas, efektif, dan sesuai dengan konteks. Gaya penulisan koheren
dan mudah dipahami. |
Menggunakan
bahasa yang cukup baik, namun kurang variatif. Gaya penulisan kurang koheren. |
Menggunakan
bahasa yang sederhana, namun kurang tepat. Gaya penulisan kurang jelas. |
Menggunakan
bahasa yang tidak tepat dan sulit dipahami. Gaya penulisan tidak koheren. |
Kreativitas |
Menunjukkan
kreativitas dalam analisis, memberikan perspektif yang unik dan menarik |
Menunjukkan
beberapa kreativitas dalam analisis, memberikan beberapa ide yang menarik. |
Analisis cukup
konvensional, kurang menunjukkan kreativitas. |
Analisis sangat
konvensional, tidak menunjukkan kreativitas.. |
Jakarta, 30
September 2024
Mengetahui,
Kepala SMP
Islam Al Ikhas Guru
Mata Pelajaran
.......... ...........
No comments:
Post a Comment