12/6/24

Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 1 (Prinsip Pengajaran dan Asesmen) PPG Piloting 3 Tahun 2024 (Versi saya - Part 2)

 

B.    Rancangan Pembelajaran yang Dipilih (Pembelajaran Berdiferensiasi)

 

           MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

                 TAHUN PELAJARAN 2024/2025

                      SMP ....



Sekolah              : SMP ...

Fase / Kelas       : D / 9

Kelas/Semester : 9 / 1

Alokasi Waktu    : 2x40 menit (1 pertemuan)

Materi                    : Teks Naratif

Nama Penyusun   : .....


 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan     visual     dalam     bahasa     Inggris     untuk berinteraksi     dan berkomunikasi   dalam   konteks   yang   lebih   beragam   dan   dalam situasi   formal dan   informal.   Peserta   didik   dapat   menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat,  iklan)  dan  teks  otentik  menjadi  rujukan  utama dalam   mempelajari   bahasa   Inggris   di   fase ini.   Peserta   didik menggunakan  bahasa  Inggris  untuk  berdiskusi  dan menyampaikan    keinginan/perasaan.   Pemahaman   mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan  keterampilan inferensi   mulai   tampak   ketika   memahami   informasi   tersirat. Mereka  memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata  yang lebih beragam. Mereka memahami    tujuan    dan    pemirsa    ketika    memproduksi    teks tulisan  dan visual dalam bahasa Inggris.

 

Elemen Menyimak – Berbicara

-      Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.

Elemen Membaca - Memirsa

-      Pada akhir fase D, peserta didik membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. Mereka mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka mengidentifikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks.

Elemen Menulis – Mempresentasikan

-       Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Mereka juga menyertakan informasi dasar dan detail, dan memvariasikan konstruksi kalimat mereka dalam tulisan mereka. Peserta didik mengungkapkan ide-ide dalam bentuk sekarang, masa depan, dan masa lalu. Mereka menggunakan penanda waktu, kata keterangan frekuensi dan konjungsi umum untuk menghubungkan ide. Upaya mereka untuk mengeja kata-kata baru didasarkan pada hubungan bunyi-huruf Bahasa Inggris yang diketahui dan mereka menggunakan tanda baca dan kapitalisasi dengan konsisten.

Profil Pelajar Pancasila

1. Kreatif

2. Bernalar Kritis

Model dan Metode Pembelajaran

Student Center, Diskusi

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur teks naratif (orientasi, komplikasi, resolisi, koda) dalam berbagai teks naratif

2.    Peserta didik dapat menceritakan kembali teks naratif dengan Bahasa yang baik dan benar

3.    Siswa dapat membuat teks naratif pendek atau Panjang dengan berbagai gaya penulisan

Pemahaman Bermakna

1.    Apa itu tek naratif?

2.    Apa saja untuk unsur yang terdapat dalam teks naratif

3.    Apa saja jenis dan contoh teks naratif

Pembelajaran Sosial Emosional (KSE yang diambil adalah):

1.   Keterampilan Sosial

2.   Pemecahan Masalah

 

Kegiatan Pembelajaran:

 

Deskripsi

Keterangan

Waktu

 Pendahuluan

1.    Guru mengucapkan salam dan menanyakan kondisi peserta didik.

2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

3.    Guru mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran

4.    Peserta Didik melakukan Ice Breaking (Bermain tebak tebakan teks naratif)

5.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan ini

 

10 Menit

Inti

1.  Disajikan beberapa teks naratif untuk siswa

2.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan pilihan teks naratif yang diminati

3.  Siswa diberikan beberapa pertanyaan yang mendorong mereka untuk berpikir kritis dan menemukan sendiri unsur unsur teks naratif

ü Apa yang terjadi di awal cerita?

ü Apa massalah yang dihadapi tokoh utama?

ü Bagaimana masalah tersebut diselesaikan?

ü Apa pesan yang ingin disampaikan penulis?

4.  Setiap kelompok menganalisis teks naratif pilihan kelompok masing masing

5.  masing masing kelompok membuat laporan hasil analisis dalam bentuk summary, mind map, ataupun presentation slide (pilih salah satu)

 

 

Diferensiasi Konten

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diferensaisi Produk

 

60 menit

Penutup

1.       Peserta didik menuliskan refleksi dengan beberapa pertanyaan panduan:

·        Apa hal menarik dari pembelajaran hari ni?

·        Menurutmu apakah penting mempelajari materi ini dan jelaskan alasan nya?

2.          Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

3.          Peserta didik dan guru berdoa dan mengucapkan salam

 

 

 

 

 

 

10 menit

Penilaian:

1.     Sikap

No

 

Nama

Kelas

Dimensi P3

Bernalar Kritis

Kreatif

Siswa mampu menunjukan kemampuan berfikir secara jernih dan rasional

Menghasilkan gagasan yang original

Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran

Merefleksi Pemikiran dan Proses Berfikir

Mendengarkan pendapat teman dan menawarkan ide kolaborasi

Mnegutarakan ide baru

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

  Keterangan:

     A : Sangat Baik

     B  : Baik

     C  : Cukup

     D  : Kurang

2.   Rubrik Penilaian Analisis Teks Naratif

Kriteria Penilaian

Sangat Baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Perbaikan (1)

Pemahaman Terhadap Teks

Memahami teks secara mendalam, dapat menjelaskan secara rinci plot, karakter, dan tema

Memahami teks dengan baik, dapat menjelaskan plot, karakter, dan tema secara umum

Memahami Sebagian besar teks, namun penjelasan kurang detail

Kurang memahami teks, penjelasan tidak relevan atau tidak lengkap

Analisis Karakter

MMenganalisis karakter secara mendalam, mengidentifikasi motivasi, perubahan, dan hubungan antar karakter

Menganalisis karakter dengan cukup baik, mengindentifikasi karater utama dengan baik

Menganalisis Karakter secara umum, namun kurang mendalam

Tidak mampu menganalisis karakter dengan baik

Analisis Plot

Menganalisis struktur plot dengan baik, mengidentifikasi konflik, klimaks, dan resolusi

Menganalisis struktur plot secara umum, dapat mengidentifikasi konflik dan resolus

Menganalisis plot secara sederhana, kurang memperhatikan detail.

Tidak mampu menganalisis struktur plot.

Analisis Tema

 

Mengidentifikasi tema utama dan tema pendukung dengan jelas, memberikan penjelasan yang mendalam dan relevan.

Mengidentifikasi tema utama, namun penjelasan kurang mendalam atau kurang relevan.

Mengidentifikasi tema secara umum, namun penjelasan kurang jelas

Tidak mampu mengidentifikasi tema.

Bahasa dan Gaya Penulisan

Menggunakan bahasa yang jelas, efektif, dan sesuai dengan konteks. Gaya penulisan koheren dan mudah dipahami.

Menggunakan bahasa yang cukup baik, namun kurang variatif. Gaya penulisan kurang koheren.

Menggunakan bahasa yang sederhana, namun kurang tepat. Gaya penulisan kurang jelas.

Menggunakan bahasa yang tidak tepat dan sulit dipahami. Gaya penulisan tidak koheren.

Kreativitas

Menunjukkan kreativitas dalam analisis, memberikan perspektif yang unik dan menarik

Menunjukkan beberapa kreativitas dalam analisis, memberikan beberapa ide yang menarik.

Analisis cukup konvensional, kurang menunjukkan kreativitas.

Analisis sangat konvensional, tidak menunjukkan kreativitas..

 

Jakarta, 30 September 2024

Mengetahui,

Kepala SMP Islam Al Ikhas                                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

..........                                                                                                  ...........

No comments:

Post a Comment