12/6/24

Contoh Jurnal Pembelajaran Modul 1 (Prinsip Pengajaran dan Asesmen) PPG Piloting 3 Tahun 2024 (Versi saya - Part 1)

 

JURNAL PEMBELAJARANKU

MODUL 1

PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN UMUM

MERANCANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

FASE D – KELAS 9 – SEMESTER 1

 Di Sekolah ...

Logo Kampus
 

 

 

 

 

 

 


DISUSUN OLEH:

Nama:

NO. UKG:

NIM:

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TIDAR



A.    AKSI NYATA: MERANCANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

1.       Ide apa yang Bapak/Ibu Guru dapatkan setelah belajar topik ini?

Jawab:

Setelah mempelajari topik kedua pada modul pertama ini, dengan tema Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi, saya jadi mendapatkan refreshment Kembali bagaimana merancang pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Saya jadi mendapatkan banyak ide dan juga wawawan baru yang bisa saya terapkan dalam proses pengajaran saya. Saya jadi semakin tertantang untuk dapat merancang pembelajaran yang lebih beragam baik itu dengan metode pembelajaran yang bervariasi (diskusi kelompok, proyek, presentasi, pembelajaran berbasis masalah, dll), saya pun tertantang untuk menyediakan beragam sumber belajar yang lebih beragam untuk peserta didik baik itu cetak, digital, maupun video sehingga peserta didik dapat memilih sumber belajar yang sesuai dengan preferensi mereka. Setelah mempelajari Materi Pembelajaran berdiferensiasi ini saya jadi lebih memahami lagi bahwa setiap individu peserta didik adalah unik, sehingga saya perlu memastikan Kembali bahwa pembelajaran yang akan saya sampaikan sudah berdiferensiasi dan mampu mengakomodir setiap keunikan yang dimiliki oleh peserta didik.

2.       Menurut Bapak/Ibu Guru, Pembelajaran yang seperti apa yang relevan untuk dikembangkan di sekolah Bapak/Ibu Guru? Kembangkan modul ajar yang berdifirensiasi.

Jawab:

Saya mengajar Bahasa Inggris di sebuah sekolah Swasta di wilayah Jakarta Selatan, yaitu SMP .... Kemampuan Bahasa Inggris siswa siswi di sekolah saya beragam, ada yang sangat tidak mahir, ada juga yang sangat mahir. Secara umum, mayoritas anak anak mampu berbahasa inggris walaupun tidak tengan tata Bahasa (grammar) yang bernar. Dari segi fasilitasn, menurut saya pribadi sekolah tempat saya mengajar memiliki fasilitas yang lumayan lengkap.

Dengan latar belakang sekolah dan peserta didik yang beragam sebagaimana yang telah saya uraikan diatas, menurut saya pembelajaran yang relevan untuk di kembangkan di kelas Bahasa Inggris (dan juga mungkin di mata pelajaran yang lain) adalah pembelajaran berdiferensiasi karena dengan pembelajaran diferensiasi memungkinkan saya (dan guru lainnya) untuk menyesuaikan materi, aktivitas, maupun penilaian yang sesuai dengan kebutuhan masing masing peserta didik ataupun sesuai dengan gaya belajar setiap individu. Saya bisa membuat pembelajaran berdiferensiasi konten yang dapat saya sesuaikan dengan minat siswa, saya juga bisa membuat pembelajaran berdiferensiasi proses yang saya sesuaikan dengan gaya belajar ataupun tingkat kemandirian siswa, saya bisa membuat pembelajaran berdiferensiasi produk yang saya sesuaikan dengan tingkat kerumitan atau format produknya sesuai kemampuan siswa, atau mungkin saya juga bisa menggabungikan diferensiasi konten, proses, dan produk tersebut.

No comments:

Post a Comment