JURNAL
PEMBELAJARANKU
MODUL 1
PRINSIP
PENGAJARAN DAN ASESMEN UMUM
MERANCANG
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
PADA MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS
FASE D –
KELAS 9 – SEMESTER 1
Logo Kampus
DISUSUN
OLEH:
Nama:
NO. UKG:
NIM:
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TIDAR
A. AKSI NYATA: MERANCANG PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI
1.
Ide apa yang Bapak/Ibu Guru dapatkan setelah
belajar topik ini?
Jawab:
Setelah
mempelajari topik kedua pada modul pertama ini, dengan tema Merancang
Pembelajaran Berdiferensiasi, saya jadi mendapatkan refreshment Kembali
bagaimana merancang pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Saya
jadi mendapatkan banyak ide dan juga wawawan baru yang bisa saya terapkan dalam
proses pengajaran saya. Saya jadi semakin tertantang untuk dapat merancang
pembelajaran yang lebih beragam baik itu dengan metode pembelajaran yang
bervariasi (diskusi kelompok, proyek, presentasi, pembelajaran berbasis
masalah, dll), saya pun tertantang untuk menyediakan beragam sumber belajar
yang lebih beragam untuk peserta didik baik itu cetak, digital, maupun video
sehingga peserta didik dapat memilih sumber belajar yang sesuai dengan
preferensi mereka. Setelah mempelajari Materi Pembelajaran berdiferensiasi ini
saya jadi lebih memahami lagi bahwa setiap individu peserta didik adalah unik,
sehingga saya perlu memastikan Kembali bahwa pembelajaran yang akan saya
sampaikan sudah berdiferensiasi dan mampu mengakomodir setiap keunikan yang
dimiliki oleh peserta didik.
2.
Menurut Bapak/Ibu Guru, Pembelajaran yang
seperti apa yang relevan untuk dikembangkan di sekolah Bapak/Ibu Guru?
Kembangkan modul ajar yang berdifirensiasi.
Jawab:
Saya
mengajar Bahasa Inggris di sebuah sekolah Swasta di wilayah Jakarta Selatan,
yaitu SMP .... Kemampuan Bahasa Inggris siswa siswi di
sekolah saya beragam, ada yang sangat tidak mahir, ada juga yang sangat mahir.
Secara umum, mayoritas anak anak mampu berbahasa inggris walaupun tidak tengan
tata Bahasa (grammar) yang bernar. Dari segi fasilitasn, menurut saya pribadi
sekolah tempat saya mengajar memiliki fasilitas yang lumayan lengkap.
Dengan
latar belakang sekolah dan peserta didik yang beragam sebagaimana yang telah
saya uraikan diatas, menurut saya pembelajaran yang relevan untuk di kembangkan
di kelas Bahasa Inggris (dan juga mungkin di mata pelajaran yang lain) adalah
pembelajaran berdiferensiasi karena dengan pembelajaran diferensiasi
memungkinkan saya (dan guru lainnya) untuk menyesuaikan materi, aktivitas,
maupun penilaian yang sesuai dengan kebutuhan masing masing peserta didik
ataupun sesuai dengan gaya belajar setiap individu. Saya bisa membuat
pembelajaran berdiferensiasi konten yang dapat saya sesuaikan dengan minat
siswa, saya juga bisa membuat pembelajaran berdiferensiasi proses yang saya
sesuaikan dengan gaya belajar ataupun tingkat kemandirian siswa, saya bisa
membuat pembelajaran berdiferensiasi produk yang saya sesuaikan dengan tingkat
kerumitan atau format produknya sesuai kemampuan siswa, atau mungkin saya juga
bisa menggabungikan diferensiasi konten, proses, dan produk tersebut.
No comments:
Post a Comment