Tuesday, December 11, 2012

Language Assessment principles and classroom Practices : Assessing Speaking (Part II)

di part I kita sudah membahas mengenai 5 jenis (walaupun hanya 4 saja yang dibahas) speaking performance assessment . nah disini kita akan membahas teknhik/method apa2 saja yang bisa digunakan untuk menilai kelima jenis penilaian tersebut.

1. untuk menilai kemampuan Imitative speaking

  • Word repetition task (pengulangan kata). tekhnik/method pertama untuk menilai kemampuan imitative speaking test taker ialah dengan pengulangan kata, test taker disuruh untuk mendengarkan kata/kalinat (bisa melalui headset atau langsung diucapkan oleh pengujinya) dan test taker diharuskan menirunya. skala penilaian dari 0-2. siswa diberi nilai 2 jika semua pronunciation yang dia ucapkan benar, 1 jika ada beberapa pengucapan yang salah tapi overall masih bisa dimengerti, dan 0 jika pronunciation yang diucapkannya parah banget.
  • PhonePass test (test melalui telfon). sebenarnya test ini lumayan terkenal di kalangan pembelajar bahasa inggriss, hanya saja kitanya aja yang kurang gaul dan kurang maksimal menggunakan internet untuk googling tentang ini. prosedur PhonePass ini bisa dilakukan dengan, pertama kita harus mendaftar dulu di salah satu lembaga yang menyediakan testnya, ketika kita mendaftar kita akan diberikan/disuruh download instruction paper (buku panduan/instruksinya), download kertas soalnya yang sudah dilengkapi sama nomer telfon. setelah kita selesai mendownload maka kita diharuskan untuk menelfon nomor yang dicantumkan disana untuk melakukan test. (contoh instruksi PhonePass bisa di donlod disini)

2. untuk menilai kemampuan Intensive speaking

  • Directed Response Task.penguji akan mengeluarkan/mengucapkan bentuk grammar tertentu yang nantinya harus direspon ole test taker. cara ini sebenarnya kurang komunikatif untuk dijadikan patokan penilain speaking karena lebih fokus ke grammar form, akan tetapi test ini memang dibutuhkan agar test taker/siswa bisa menggunakan tata bahasa yang benar 
  • Read Aloud Task disini yang jadi fokus perhatian nya itu 'test taker oral production', ada w aspek yang perlu ditilai ketika kita menggunakan teknik ini ungtuk ngetes Intensive speakingnya test taker, yaitu: pronunciation dan fluency. skala penilaiannya dari 0.0 sampai 3.0
  • Sentence/Dialogue completion task. disini test taker akan disuruh membaca percakapan 2 orang (misal si A dan si B) yang mana percakapan salah satu dari mereka sudah dihilangkan. nah tugas test taker itu melengkapi percakaannya agar percakapan itu bisa dimengerti.disini test taker harus memilih kata/kalimat yang  benar agar keseluruhan percakapannya nyambung dan dapat dimengerti.
  • Picture-cued task. disini kemampuan untuk mendeskripkisan gambar kita akan dilihat.

3. untuk menilai kemampuan Responsive Speaking

  • Question and Aswer, sejenis interview tapi dalam lingkup yang lebih sederhana jadi kemampuan kita untuk merespon setiap pertanyaan yang diberikan akan dijadikan acuan penialiannya.
  • Giving Instruction and Direction, sejenis tugas2 yang saya lakukan ketika saya di kelas Speaking (entah speaking II atau III, lupa lagi) jadi kita akan ditanya (misalnya) "maaf pak, saya tersesat, saya mau ke ATM BNI, apakan bapak tahu jalan menuju sana dari sini?" lalu kita mengarahkan dengan memberitahu jalannya.
  • Paraphrasing, disini test taker akan disuruh membaca atau mendengar beberapa kalimat (1 paragrap) dan setelah itu mereka disuruh mengambil intisari dari paragrap tersebut itu apa menggunakan bahasa test taker sendiri.
4. untuk menilai kemampuan Interactive Speaking
  • Interview, kalau di sebelumnya kita sudah punya Question and Answer yang lingkupnya lebih simple, sekarang di Interactive kita punya Intervie yang lingkupnya itu lebih rumit dari Q n' A. disini test taker akan di test melalui 4 tahap, yang pertama pemanasan dulu, biasalah, basa basi. berikutnya level check, disini interviewer akan ngasih pertanyaan2 untuk mengecek ada di level berapakah kita, setelah levelnya ketahuan stage ke 3 nya probe yang mana stage ini merupakan klimaks dari interview, interviewer akan ngasih pertanyaan2 yang lumayan menguras otak untuk mengetahui sejauhh mana tingkat kemampuan anda. stage terakhir mind-down, disini kita akan diberikan pertanyaan2 simple untuk merelakskan test takernya.
  • Role Play, ini sudah sangat umum ya, misal kita dipasang-pasangkan 2 orang lalu disuruh memperagakan costumer cafe - pelayan cafe, atau kita disuruh pura2 untuk membeli obat ke apotek dan partner kita bertugas sebagai penjaga apoteknya.
  • Discussion and Conversation, ini juga sudah biasa, kita dipasangkan dengan beberapa orang untuk menjadi satu kelompok lalu kemudian diberikan topik untuk kita diskusikan. ada lumayan banyak aspek yang dijadikan penilaian nya (bisa dilihat dibukunya halaman 175)
5. untuk menilai kemampuan Ekstensive Speaking
  • Oral presentation. test taker disuruh mempresentasikan laporan, makalah, rencana pemasaran, rancangan produk baru, dll
  • Picture-cued story telling, kalo di sebelumnya kita sudah pernah disuruh mendeskripsikan simple piture, tapi di level ini kita harus menceritakan cerita yang ada pada serangkaian gambar yang nyambung gambar pergambarnya. disini test taker harus teliti melihat detail gambar agar tidak melewatkan 1 event pun yang nanti mungkin bisa mengurangi nilai.
  • Retelling a story, kind of retell, kita diberikan cerita, lalu kita meneritakan ulang menggunakan bahasa kita sendiri 

Sumber: Language Assessment Principles and Classroom Practices - Chapter 7 - H. Douglas Brown

1 comment:

  1. this is fawkin' awsooooome, sensei! and love you! you're so cool!

    -dila (again)

    ReplyDelete

There was an error in this gadget