Sunday, July 30, 2017

Pengalaman Management Trainee

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya bekerja sebagai Management Trainee (MT) di salah satu convenient store terbesar (pada masa nya) di ibukota. Agar runut, saya akan menceritakan mulai dari kenapa saya selalu melamar posisi management trainee ketika mencari kerja, bagaimana proses seleksinya, seperti apa pekerjaan nya, dan apa hasilnya setelah saya dinyatakan lulus program tersebut. so, mangga stay tune disini :)



Mengapa saya memilih Management Trainee?. Dulu ketika masih sekolah saya sempat berangan-angan ingin menjadi seorang manager sebelum saya berumur 25 tahun, Karena hasil riset saya dari mbah gugel menyatakan bahwa posisi ini memiliki jenjang karir yang sangat jelas dan terbilang singkat, maka ngototlah hanya apply hanya posisi management trainee baikitu online, koran, maupun job fair hingga pada suatu ketika, bertemulah saya dengan PT Modern Sevel Indonesia (yang selanjutnya akan saya sebut PT. MSI/sevel) di sebuah acara job fair pada tahun 2014 lalu. Kebetulan sevel ini sedang melakukan walk in interview, jadi tinggal datang langsung test.

Test awal berupa psikotest yang dilakukan dari pagi hingga sore. Test nya lumayan banyak dan berlaku sistem gugur. Yang pertama kali di test kan adalah psikotest umum seperti: sinonin, antonim, logika, spasial, hitungan dasar. Setelah istirahat 10 menit, HRD mengumumkan siapa yang gugur dan siapa yang lanjut. Test yang kedua berupa gambar warteg dan pohon (sama orang juga deh kalau nggak salah, tapi lupa lupa ingat :)). Dan terakhir membuat tulisan tiga paragraf dengan tulisan tangan sendiri, dan hanya orang orang yang lulus test gambar saja yang bisa ikut test ini. Setelah menunggu 1 minggu dengan penuh harap harap cemas, saya dapat panggilan untuk interview dengan HRD dan General Manager (yang pada saat interview bikin saya deg degan keras). Tips ketika interview, jawablah setiap pertanyaan dengan jujur dan benar, tidak perlu melebihkan atau mengurangkan karena pasti akan berpengaruh sama kerjaan kita kedepannya. 3 hari setelahnya, saya dapat panggilan medical check up di tempat yang sudah ditentukan (paramita matraman). selelah lolos semua, barulah saya dipanggil untuk tanda tangan kontrak kerja sebagai Future Leader Program (MT-SM) di perusahaan ini.

Future Leader Program (sebutan MT di perusahaan ini) menargetkan karyawan yang mengikuti program ini untuk menjadi Store Manager. Program selama 1 tahun dengan evaluasi kelayakan naik jabatan per 3 bulannya. Jika karyawan tidak lulus pada saat evaluasi pertiga bulan, maka karyawan dinyatakan tereliminasi (kecuali kalau tim trainer memberi kesempatan untuk mengulang posisi sebelumnya selama 3 bulan lagi). Untuk evaluasinya itu sendiri mencakup pre-test, post-test, presentasi, dan nilai tambahan (sesuai pencapaian tugas dan target yang diberikan). Dan bila lulus di setiap evaluasinya sampai akhir, FLP akan diangkat menjadi store manager dan ditetapkan sebagai karyawan tetap di PT. MSI tersebut. Ya, store manager (setingkat supervisor), mungkin karena dulu ketika SMA saya tidak memperinci 'mimpi' saya, jadi dapatnya store manager saja, yang penting ada "manager"-nya. walau belum setingkat dengan manager beneran (masih jauuhhh)

No comments:

Post a Comment