Saturday, October 22, 2016

cara bayar pajak STNK online via bank BJB

Jauh dari domisili? Pajak STNK tahunan habis dalam waktu dekat? Belum ada waktu buat pulang dulu kerumah sampe tanggal pajak jatuh tempo? Anda senasib dengan saya. Tapi tenaaanggg,, untuk anda warga propinsi jawa barat bisa bayar pajak STNK tahunan online via bank BJB. 

Kemarin tiba tiba ayah saya menelfon menanyakan kapan STNK saya habis masa berlakunya. Dan saya pun kaget karena saya tidak ingat sama sekali bahwa Senin,  tanggal 24 bulan oktober ini STNK saya habis masa berlakunya, sedangkan orang tua nelfon di hari kamis tanggal 20 Oktober 2016, sedangkan minggu ini pekerjaan saya di ibukota sedang repot repotnya dan sayapun tidak bisa tiba tiba minta cuti/libur dadakan di H-1 begitu saja. Jadi otomatis saya tidak bisa pulang ke rumah untuk memperpanjang STNK di samsat subang. Dan berhubung tahun kemarin saya perpanjang STNK online maka saya pun
googling lagi cara perpanjang stnk online walau saya di luar domisili saya. Dan Alhamdulillah berhasil.

Buat teman teman senasib yang kerjanya jauh dari rumah dan STNK kadaluarsa mepet, bisa mencoba perpanjang stnk online via bank BJB, syaratnya harus punya tabungan dibank BJB atas nama yang sesuai dengan nama pemilik di STNK. Berhubung STNK sudah atas nama saya dan sayapun punya tabungan di BJB atas nama saya, jadi saya tertolong untuk bisa bayar pajak tepat waktu. Caranya bagaimana?

1. Kita harus punya kode bayar yang nantinya akan kita perlukan pas bayar stnk motor via bank BJB, cara untuk dapat kode bayarnya gampang. Tinggal sms ke 0811 211 9211 ketik: esamsat (spasi) no rangka (spasi) no ktp. Dalam waktu kurang dari 5 menit biasanya akan langsung dapet balasan berisi kode bayar
2. Pergi ke atm BJB terdekat, masukan atm bjb anda, pasukan pin, lalu pilih menu BAYAR/BELI >>> MENU LAINNYA >>> PAJAK/RETRIBUSI PROVINSI JAWA BARAT >>> PAJAK KENDARAAN, Lalu masukan kode bayar yang sudah di sms tadi. 
(catatan: untuk atm dan buku tabungannya harus aktif ya. Soalnya kemarin pas saya mau bayar awal nya nggak bisa karena status tabungan BJB nya pasif, kan sudah lama nggak digunakan. Jadi harus di aktifin dulu ke CS nya. Buat aktifin nya harus bawa ktp buat verifikasi butab tsb memang milik anda.
3. Trus nanti di layar akan muncul identitas kendaraan dan besarnya pajak yang harus dibayarkan, kalau identitasnya kendaraan nya sudah sama, tinggal pencet “YA” lalu nanti akan keluar struk transaksi bukti anda telah bayar pajak STNK online via Bank BJB yang mana struk tersebut bisa dipersaman dengan SKPD.
4. Tukarkan struk bukti tersebut dengan SKPD yang asli di semua kantor layanan samsat

Kelarrr deh. Sekarang nggak usah was was dan takut kemana mana karena pajak STNK mau/sudah habis karena nggak bisa pulang ke rumah buat perpanjang STNK. Kan sudah bisa bayar STNK online via bank BJB di luar domisili. Tapii,,, tapi ,, jangan sampai anda nggak bisa pulang ke rumah dan nggak mau menyempatkan diri untuk pulang karena hal ini ya. Haha. Orangtua selalu kangen anak rantaunya loohh. Hihi.

sumber bantuan: http://dispenda.jabarprov.go.id/mekanisme-e-samsat-jabar-bank-bjb/

1 comment: