Monday, June 15, 2009

Kampung Iggris (1)

KAMPUNG INGGRIS. Pertama kali mendengar kata itu saya langsung tertawa terbahak-bahak. "ada-ada saja dirimu ini, emang ada gitu sebuah kampung di negeri ini yang dijadikan tempat berkumpulnya/markasnya orang-orang bule?" komentarku pada temanku.

Bayangan pertama kali yang melintas di benakku adalah suatu perkampungan yang dihuni oleh bule-bule yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Tapi perkiraanku meleset. Ternyata di Kampung Inggris sangat sulit menemukan bule2 Eksport, yang ada ialah orang2 dari berbagai pelosok Indonesia (baik yang muda ataupun yang tua, pelajar ataupun pekerja) yang sedang mempelajari bahasa Inggris dan sangat banyak sekali dari mereka yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

setelah mendengar penjelasan dari temanku tersebut aku pun tertarik untuk menelusuri lebih lanjut mengenai sebuah kampung yang dinamakan Kampung Inggris tersebut, hingga akhirnya sampailah saya di tempat yang populer dengan sebutan Kampung Inggris ini.

Kampung Inggris/Kampung Bahasa adalah sebutan untuk sebuah Kampung yang berada di kecamatan Pare, Kediri - JATIM. Kampung ini terkenal dengan sebutan Kampung Inggris/Kampung Bahasa karena di Kampung ini tersebar lembaga2 kursus Bahasa. Bukan hanya Kursusan Bahasa Inggris saja tapi terdapat pula kursusan bahasa asing lainnya seperti Bahasa Arab, Jepang, Mandarin, dll.

Saya tidak bisa menyebutkan lembaga kursus mana yang paling baik, karena setiap lembaga kursus mempunyai program unggulan masing yang telah malangbungkan nama lembaganya, baik itu dari program Grammar, Speaking, Reading, TOEFL, Writting, Prononciation, dll.

Lama pendidikan biasanya hanya 2 minggu atau 1 bulan (tergantung program apa yang di ambil dan di lembaga mana kita kursusnya), dengan biaya yang bervariasi pula. Setahu saya biaya yang paling murah itu mulai dari Rp. 25.000,- (PaHe) sampai yang paling mahalnya itu Rp. 300.000 (Private). Tapi rata2 / kebanyakan tempat kursusan itu biasanya sekitar Rp 75.000-Rp 125.000 (tergantung Program apa yang diambil dan di Lembaga Kursusan mana kita Belajar).

Nah,,, Untuk tempat tinggal (kost, Camp, English Area), biaya sewa tempat tinggal, Biaya Hidup, Transportasi, dan keterangan program, biaya dan lama pendidikan dari masing2 lembaga kursusan (tapi tidak semua lembaga kursus couz banyak pisan euyy.. repot mostingnya) akan saya postingkanTempat Belajar Bahasa yang Berkualitas di Negeri Ini (2).

semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment